Selasa, 05 April 2011

Rindu Masa Kecil

Hari itu kakiku melangkah memasuki sebuah gang kecil di pinggiran kota Jakarta., tepatnya di daeah Halim.
Yah......disinilah masa kecilku kuhabiskan
Kanan kiri penuh rumah.......tak ada sepetak tanah atau halaman yang masih menghijau.
Teringat kurang lebih dua puluh lima tahun yang lalu...
gang kecil ini masih rimbun dengan pepohonan yang menghijau, pohon bambu..pohon pisang,...pohon timbul dan banyak lainnya.

Teringat kanak-kanak bermain tok kadal.....permainan yang menggunakan bantuan dua bilah bambu. Satu sebagai pemukul/pengungkit dan satu lagi sebagai "ehm..apa ya disebutnya?"   yah pokoknya yang dijadikan objek penderita untuk dipukul oleh penjaga & dan akan dilempar kembali oleh pemain ke arah penjaga. (ha...ha...bingung juga bahasainnya).

Belum lagi permainan dampu,...kalau permainan ini mengunakan batu. pemain terbagi dua kelompok. Kelompok yang menang (setelah melakukan "hompimpah") akan berjalan lebih dahulu melemparkan batunya  ke arah batu yang telah disusun oleh kelompok yg kalah. Setelah itu melakukan babak berikutnya dengan meletakan batu di atas telapak kaki untuk diayunkan ke batu lawan. Belum lagi main gerobak sodor/galasin, petak umpet, ada lagi lupa nama permainnanya....2 kelompok masing2 berpijak pada satu tiang tus saling mengejar...yaah pokoknya begitu dech......  Ada juga permainan yg "agak" berbahaya...kalau kita bilang main "bleguran".Permainan ini biasanya dibuat saat bulan Ramadhan, permainan dengan membuat  gundukan  lalu dibawahnya kita buat lubang yg tembus sisi depan dan sisi belakang untuk memasukan karbit yg akan kita sulut dengan api (so..bentuknya jadi mirip meriam kecil). Jika kita sulut karbit dengan api maka akan melontarkan kain penutup pada sisi lubang di depannya dan menimbulkan suara yg cukup keras.  Pokoknya seru dech........

Teringat akan itu membuatku termenung.....dahulu kita bermain selalu merasakan kebersamaan, kesetiakawanan, ada unsur olah raga dan keriangan yang saat ini jarang kita temui pada generasi di bawah kita terutama anak2 kita. Saat ini  kebanyakan anak-anak lebih asyik dengan dunianya sendiri. Dengan adanya kemajuan di bidang teknologi & informasi  dan segudang permainan  yang semuanya (menurut saya) lebih cenderung mendidik anak menjadi pribadi yg egois, sulit bersosialisasi dengan lingkungan (walaupun semuanya itu tetap ada sisi positifnya) akan  tetapi secara tidak langsung  sedikit demi sedikit akan mengikis permainan "tempo doeloe" .

Medio, 02 April

Tidak ada komentar:

Posting Komentar